.

Kemana Dukungan Kampus Kita Kepada Mahasiswa

Saya ingin mencoba menuliskan realita kampus kita berkaitan dengan mahasiswa yang dalam hal ini adalah subjek dari peradaban yang ada disebuah lembaga pendidikan yang Maha ini.

Kampus UNIB sudah berdiri pada tahun 1982, berarti kampus UNIB sudah berumur 32 tahun, selama itu kampus kita mungkin saja (ini hanya asumsi saya) bahwa kampus kita dalam situasi yang stagnan atau bisa jadi lambat berkembang.

Tapi alhamdulillahnya pada awal tahun 2015 ini kita mendapatkan kabar gembira bahwa kampus kita sekarang Terakreditasi B, ini meningkat dari peringkat sebelumnnya. Peringkat akreditasi tersebut dituangkan dalam Keputusan BAN-PT No 040/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, tertanggal 16 Januari 2014. Status akreditasi B tersebut berlaku untuk 5 tahun ke depan.

Hingga kini prestasi bidang keilmuan dari mahasiswanya menurut saya sangat kurang sekali, teman-teman tahu bahwa kampus kita punya mahasiswa yang berbakat dalam hal keilmuan pernah juga ada mahasiswa UNIB yang menang lomba keilmuan tingkat Nasional,
Akan tetapi ternyata kampus kita hanya mengklaim ketika mahasiswa itu menang perlombaan saja, tapi dalam prosesnya mahasiswa tersebut sangat sedikit dapat bantuan dari kampus kita.

Itu saya ketahui dari salah satu mahasiswa teknik yang sering ikut perlombaan dan pernha juara 3 nasional, teman-teman tentu tahu siapa orangnya. Ketika saya diskusi dengannya sepulang ia dari solo yang lagi-laginya, ia menjuarai perlombaan tulisan ilmiah ditingkat nasional ketika disana.

Sedikit disayangkan adalah ternyata proses keberangkatan mereka itu menggunakan uang sendiri dan dapat bantuan dari dosen mereka. Pertanyaannya adalah kampus kita kemana ? (Mungkin kampus kita ada bantu tapi saya yang tidak tahu).


Tapi ketika diskusi itu temen saya ini terlihat kecewa dengan kampus kita dalam mendukung mahasiswa yang berlomba ditingkat nasional ini, apalagi ini tentang keilmuan barang tentu ini yang seharusnya didukung penuh oleh kampus kita, bukan hanya menghabisakan anggaran kemahasiswaan untuk perlombaan nyanyi atau apalah itu. Sehingga mahasiswa—mahasiswa yang ikut dalam kontes perlombaan ilmiah kurang mendapatkan dukungan full dari kampus kita, Miris.
Share on Google Plus

About Rakyat Bangka

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com