.

Mari Kenali Lebih Jauh 2 Calon Gubernur Bengkulu Sebelum Memilih

Ilustrasi Pemira
Pesta demokrasi ditahun 2015 ini akan berbeda dari periode-periode sebelumnya, ini dikarenakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan untuk mengadakan Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Daerah serentak ditahun 2015 dan awal 2016. Hal ini pun membuat banyak pejabat-pejabat dari partai politik maupun incumbent ikut andil dalam pesta demokrasi yang dilaksanakan serentak ini.
Hal menarik terjadi di Provinsi Bengkulu, yang sebelumnya muncul beberapa nama Calon Gubernur 2015 sebelum tahap pendaftaran seperti Bando Amin yang merupakan Bupati Kabupaten Kepahiang, Imron Rosyadi yang saat ini Bupati Kabupaten Bengkulu Utara, Gubernur Bengkulu yaitu Junaidi Hamsyah, dan juga Bupati Rejang Lebong Suherman. Namun nama-nama yang telah disebutkan sudah gagal untuk ikut bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu. Kenapa tidak ? Perahu yang akan mengantar mereka menjadi calon gubernur sebagai pesyaratan pendaftaran habis diborong oleh Ridwan Mukti dan Sultan Najamudin. Sebagaimana kita ketahui persyaratan kursi yang menjadi minimal calon adalah 9 kursi dari 45 kursi.
Sebelumnya sudah ada tokoh yang gagal untuk mencalon dari jalur independent yakni Bupati Kabupaten Muko-muko Pak Ikhwan Yunus yang gagal calon Karen persyaratan yang tidak mencukupi sesuai syarat yang ada. Namun hal ini menjadikan pilgub  Bengkulu pada tahun ini menjadi semakin menarik, jika dilihat 2 pasang calon yang maju ini merupakan tokoh yang belum pernah sama sekali ikut dalam pilgub Bengkulu. Berbeda dengan yang lainnya sudah berpengalaman menjadi calon gubernur seperti Bando Amin dan Imron Rosyadi.
Pasangan Duo RM (Ridwan  Mukti – Rohidin Mersyah) merupakan salah satu diantara 2 pasang calon pada pilgub mendatang, Ridwan Mukti sebagai calon Gubernur merupakan politisi yang saat ini menjabat sebagai Bupati Musi Rawas dalam periode keduanya dan berpasang dengan Rohidin Mersyah yang merupakan tokoh Selatan dan saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Bengkulu Selatan. Pasangan ini bisa dikatakan pasanga Rejang-Selatan bila dilihat secara kesukuan, menurut hemat saya adalah pasang ini sangat menguntungkan bisa mendapatkan suara rejang dan selatan yang dimana 2 suku ini adalah suku terbesar di Bengkulu.
Namun untuk pasangan satu lagi sebagai rival utama duo RM adalah Sultan Najamudin yang saat ini menjabat sebagai wakil Gubernur dan berpasangan dengan Mujiono yang saat ini adalah Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, jika dilihat dari kesukuannya pasangan ini adalah duet antara suku selatan yang menjadi basis sultan dan suku jawa yang merupakan latar belakang Mujiono.
Kedua pasang calon ini masing-masing memiliki nilai negatif dimata masyrakat, tentu saja hal ini memang sudah ketentuannya jika ada kelebihan pasti ada kekurangan dan itu terlihat untuk Duo RM adalah Ridwan Mukti yang merupakan tokoh Politisi dari Musirawas bukan berasal dari Bengkulu walaupun kisah hidup kecilnya ia habiskan di Bengkulu namun masyarakat tahu nya RM ini adalah orang asing di Kota Bengkulu, namun sekali lagi jika orang ingin berbuat baik maka orang asing pun bukan suatu halangan.
Untuk pasangan Sultan dan Mujiono bisa kita ketahui bahwa Sultan adalah adik kandung mantan gubernur Bengkulu yang dipenjarakan karena kasus Korupsi, hingga ini akan menjadikan nilai negative bagi sultan sebagai adik kandung seorang gubernur yang korupsi, serta mujiono yang muncul diakhir-akhir pendaftaran tanpa ada sosialisasi sebelumnya mungkin inilah hasil lobi-lobi politik yang terjadi.
Jika dilihat dari usungan parpol terkait 2 pasang calon ini bisa dilihat bahwa Ridwan Mukti mendapatkan pasangan yang cukup menguntungkan disbanding dengan Sultan, walaupun wakil mereka sama-sama tidak terlihat sosialisasi dalam hal mengajukan diri sebagai calon seperti calon-calon lain yang memasang baliho dimana-dimana, namun untuk pasangan Ridwan Mukti lebih menguntungkan karena ia adalah seorang Wakil Bupati yang jelas ketokohannya sudah bisa dikatakan mengakar untuk didaerah Bengkulu Selatan. Hal ini beda dengan pasangan Sultan yakni Mujiono yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu yang hasil survey kecil-kecilan yang saya lakukan bahwa hampir 90 % yang saya survey tidak mengenal siapa sih si Mujiono ini karena memang namanya muncul di kota Bengkulu ketika masa-masa pendaftaran ini saja.
Hal ini pun terlihat dari cara kampanye kedua pasang calon ini yang untuk pasangan Duo RM yang benar-benar menjual tokoh kedua-duanya yakni Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah, namun berbeda dengan Sultan dengan Mujiono yang kelihatannya hanya menjual sosok Sultan saja yang memang seorang putra daerah dan memang masih muda. Tapi hal ini seharusnya juga dipikirkan oleh tim kampanye Sultan agar mereka terlihat solid dalam mengkampanyekan pasangan mereka.
Dan memang Pilgub masih lama, namun pilihan kita sudah pasti hanya ada 2 pasang calon yang resmi terdaftar di KPU, hingga mari kita lihat secara matang dengan kedua pasang calon ini yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kita sebagai pemilih yang cerdas sudah sepatutnya untuk memilah-milah mana pilihan terbaik, walaupun misalkan terlihat buruk maka pilih yang buruk dari yang buruk, asalkan kita menunaikan hak kita sebagai pemilih untuk memilih siapa yang akan benar-benar memajukan Bengkulu untuk lima tahun yang akan dating, yang benar-benar akan mensejahterakan masyrakat Bengkulu tentunya.
Share on Google Plus

About Rakyat Bangka

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com