.

Inilah Ide Menuju Indonesia Madani (Part 1)

Diindonesia yang merupakan Negara kaya akan sumber daya alam merupakan baru Negara berkembang, ini menandakan apakah Negara dengan melimpah sumber daya alam itu tidak bisa menjadi Negara maju, dan apakah Negara maju harus mesti memiliki sumber daya manusia yang diatas rata-rata dari yang lainnya.
Ini terjadi diindonesia bahwa hingga kini Indonesia masih menjadi Negara berkembang yang jika kita lihat dari Sabang sampai Marauke, Indonesia memilki potensi daerah yang bermacam-macam hingga ini menjadi salah satu alasan Indonesia menerapkan system otonomi daerah yang mana Pemerintah Daerah diberikan Hak dan Kewenangan dalam mengelola semua Potensi daerah yang ada.
Akan tetapi tujuan mulia dari adanya otonomi daerah ini seakan-akan hanya menjadi konsep sebuah teori pemerintah saja, karena dalam implementasinya terdapat sebuah fenomena baru yang disebut pemimpin-pemimpin kecil yang berkuasa seperti Gubernur dan Bupati/Walikota yang merupakan orang nomor satu didaerahnya masing-masing.
Ini bisa dilihat dari presentase Pejabat Politik yang sudah menjadi tersangka Korupsi dan ini banyak yang berasal dari orang nomor satu tersebuy, entah itu Gubernur atau bupati/walikota sama saja, karena frame awal mereka mencalonkan diri sebagai kepala daearah pun sudah salah dengan melakukan praktik Money politik hingga mereka ketika menjadi Kepala daerah seakan-akan ingin balik modal ketika pencalonan dengan melakukan KKN.
Konsep dasarnya agar adanya optimalisasi pemanfaatan Potensi daerah agar daerah tersebut bisa merasakan dampak dari potensi daerah mereka, akan tetapi terjadi seakan-akan bencana ketika dipimpin dengan politikus-politikus tidak professional itu, yang salah menempatkan diri sebagai pejabat public dan tidak proporsional dalam melakukan kerja atau mengeluarkan Kebijakan.
Kita ketahui ada daerah yang kita sebut daerah Texas, yang kita anggap merupakan daerah yang Praktik Kejahatan hampir terjadi didaerah yang disebut Texas ini, sebenarnya apa alasan mereka melakukan praktik kejahatan tersebut ? apakah mereka memang benar-benar daerah yang terisolasi dari penglihatan Pemerintah daerah sehingga jarang mendapatkan bantuan atau menjadi objek pembangunan ?
Hasil pengamatan saya didaerah Sumatra Selatan terdapat daerah yang disebut Daerah Texas ini, memang praktik kejahatan seperti pembunuhan, Curanmor, Perampokan dan Lain sebagainya terjadi didaerah tersebut padahal sepengetahuan saya daerah ini merupakan daerah subur karena dilokasi daerah pegunungan, akan tetapi mereka melakukan kejahatan yang jika ketahuan maka-maka tidak tanggung-tanggung akan di Penjara dengan Hukuman yang Minimal 5 tahun penjara.
Setelah saya lihat ternyata daerah ini terdapat didaerah pegunungan yang mungkin pemerintah jarang untuk memberikan bantuan atau menjadi objek pengembangan daerah, karena biasanya pemerintah selalu melakukan pembangunan di daerah kota dan daerah pinggiran kota, hingga daerah yang terpencil yang mungkin jarang terjamah oleh pemerintah Seakan-akan menjadi anak tiri oleh pemerintah, hingga mereka melakukan praktik kejahatan seperti yang sudah kita jelaskan diatas.
Dan saya berasumsi memang benar karena alasan seperti itu lah yang menyebabkan warga daerah Texas tersebut melakukan kejahatan, karena ini terbukti ketika ada sebuah daerah yang dulunya terkenal daerah Texas seperti daerah Lintang Sumatra Selatan yang dulunya terkenal akan tetapi sekarang berita atau kabar tentang kejahatan sudah berkurang dengan kemajuan daerah tersebut dengan adanya kepedulian pemerintah daerah dalam melakukan pengembangan yang selalu di Back up oleh Pemda setempat.
Dan saya juga berpikir hal yang sama terjadi di daerah Provinsi tepatnya didaerah Kabupaten Rejang Lebong desa Palak Curup yang akhir-akhir ini menjadi berita utama media berita daerah, karena terjadi konflik besar antara warga dengan aparat kepolisian hingga kapolda Bengkulu dan pihak terkait terjun langsung kelapangan untuk menyelesaikan Konflik ini.
Share on Google Plus

About Rakyat Bangka

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com